Satu Dekade Presiden Jokowi, Pembangunan Infrastruktur Merata di Seluruh Pelosok Indonesia

-

Satu Dekade Presiden Jokowi, Pembangunan Infrastruktur Merata di Seluruh Pelosok Indonesia

JAKARTA — Selama satu dekade kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia telah mencatatkan kemajuan signifikan dalam pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh pelosok Indonesia.

Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso menegaskan bahwa dalam 1 dekade kepemimpinan Presiden Jokowi pembangunan infrastruktur sangat masif sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

“Pembangunan infrastruktur yang masif ini sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi kita selama 1 dekade ini,” katanya dalam salah satu acara diskusi pada Jumat (4/10).

Pemerataan pun terus terjadi, lanjut Susiwijono, bahwa selama era kepemimpinan Presiden RI ketujuh tersebut, sudah ada 15 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang beroperasi bahkan di luar Pulau Jawa.

Sehingga dengan banyaknya KEK tersebut, maka mampu mendorong pembangunan sumber ekonomi baru bahkan juga di kawasan 3T dan perbatasan.

“Saat ini dari 22 KEK yang beroperasi, juga 15 ada di luar Jawa, demikian juga dengan beberapa daerah 3T, pemerintah terus mendorong adanya pembangunan sumber ekonomi baru di kawasan perbatasan,” jelas Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian itu.

Dirinya pun berharap pembangunan infrastruktur yang telah digagas Presiden Jokowi akan dilanjutkan oleh Pemerintahan Prabowo-Gibran.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Telisa Aulia Falianty memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo karena menilai bahwa Kepala Negara telah mewujudkan sebuah warisan luar biasa.

Bahkan, akademisi tersebut menilai bahwa Presiden Jokowi merupakan Bapak Infrastruktur Indonesia.

“Kita memberikan apresiasi Pak Jokowi bahwa beliau merupakan Bapak Infrastruktur Indonesia karena meninggalkan legacy luar biasa,” katanya.

Lebih lanjut, Guru Besar FEB UI itu memandang kebutuhan dasar masyarakat di pelosok tanah air banyak terpenuhi dan stabilitas harga terjaga akibat masifnya pembangunan infrastruktur.

“Seluruh kebutuhan dasar masyarakat terus dipasok dan didorong dengan perbaikan konektivitas, termasuk juga jalan desanya, sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik, harga-harga menjadi stabil” ucapnya.

Sejak awal masa jabatannya pada tahun 2014, Presiden Jokowi fokus mempercepat pembangunan berbagai proyek strategis seperti jalan tol, pelabuhan, bandara, serta transportasi umum. Salah satu capaian terbesarnya adalah pembangunan Jalan Tol Trans Jawa hingga Jalan Trans Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Stories