Kembali Dipercaya, Budi Gunawan Siap Lanjutkan Keberhasilan Sebagai Ketua PB ESI

-

Kembali Dipercaya, Budi Gunawan Siap Lanjutkan Keberhasilan Sebagai Ketua PB ESI

Jakarta – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., P.S.M. kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) untuk periode 2024-2029. Keputusan ini diumumkan setelah berlangsungnya Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PB ESI pada Minggu (6/10), yang menyepakati kelanjutan kepemimpinan Budi Gunawan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah dicapai selama periode sebelumnya.

Dalam pernyataannya, Budi Gunawan menyoroti berbagai prestasi yang telah diraih PB ESI di tingkat nasional dan internasional selama kepemimpinannya pada periode 2020-2024. “Selama periode kepengurusan sebelumnya, PB ESI telah berhasil mencetak banyak prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Pengakuan internasional terhadap PB ESI sebagai induk organisasi esports resmi yang mewakili Indonesia di federasi esports internasional juga menjadi salah satu pencapaian penting,” ujar Budi.

Budi juga menambahkan bahwa salah satu capaian besar PB ESI adalah keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia IESF 2022 di Bali. “Turnamen ini bukan hanya sukses menjadikan Indonesia sebagai juara umum, tetapi juga mencetak sejarah sebagai satu-satunya turnamen esports outdoor yang digelar di tepi pantai, menggabungkan konsep sport-tainment dan sport tourism,” jelasnya.

Tidak hanya itu, di SEA Games Kamboja 2023, Indonesia berhasil menjadi juara umum cabang esports, dengan menyumbangkan tiga medali emas dan dua perak. Capaian ini melanjutkan tradisi gemilang Indonesia dalam kompetisi internasional, setelah sebelumnya berhasil meraih dua emas, tiga perak, dan satu perunggu di SEA Games Vietnam 2021.

Budi Gunawan juga menekankan pentingnya dukungan PB ESI terhadap para atlet esports melalui program CPNS dari pemerintah, sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang berprestasi di kejuaraan-kejuaraan resmi antarnegara. “Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan ekosistem esports di Indonesia, sehingga dapat semakin kompetitif di kancah internasional,” tambahnya.

Wakil Ketua Umum 3 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Mayjen TNI (Purn.) Andri Sutarno, dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Budi Gunawan dan jajaran pengurus PB ESI. “Saya bangga dengan capaian luar biasa yang telah dicetak PB ESI, terutama dalam menghadirkan game lokal, seperti Battle of Guardians, pada PON XXI di Aceh-Sumatera Utara 2024. Ini merupakan bukti bahwa PB ESI telah memajukan industri game lokal Indonesia,” kata Andri.

Selain itu, Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga, Hamka Hendra Noer, menyebut bahwa Esports telah mencetak sejarah luar biasa bagi Indonesia, mulai dari tampil sebagai cabang olahraga ekshibisi di Asian Games 2018 hingga menjadi cabang resmi di SEA Games 2019, 2021, dan 2023. “Prestasi ini menunjukkan bahwa di bawah kepemimpinan Budi Gunawan, pembinaan esports Indonesia telah berjalan dengan baik dan patut mendapatkan apresiasi,” tutupnya.

Dengan terpilihnya kembali Budi Gunawan sebagai Ketua Umum PB ESI, harapan besar bahwa esports Indonesia akan terus berprestasi di kancah internasional semakin kuat. PB ESI berkomitmen untuk melanjutkan kerja keras dan kolaborasi demi memajukan ekosistem esports di Tanah Air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Stories