Berhasil Mengharumkan Esport Indonesia di Kancah Dunia, KaBIN Budi Gunawan Dipercaya Kembali Menjadi Ketum PB ESI

-

Berhasil Mengharumkan Esport Indonesia di Kancah Dunia, KaBIN Budi Gunawan Dipercaya Kembali Menjadi Ketum PB ESI

Jakarta – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sekaligus Ketua Umum PB ESI, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., P.S.M. telah berhasil membawa Esport Indonesia ke level internasional. Hal itu dapat dibuktikan dari capaian dan prestasi yang diperoleh baik di tingkat nasional maupun internasional selama masa kepengurusan Ketua Umum Budi Gunawan.

Ketua Umum PB ESI, Budi Gunawan mengatakan bahwa Esport Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Dengan ekosistem yang sudah terbentuk, esport bisa menjadi pilihan karir yang menjanjikan karena jangkauan esport global telah mencapai lebih dari 577 juta audiens pada tahun 2024.

“Di era kepengurusan PB Esport Indonesia periode 2020-2024, telah banyak capaian dan prestasi yang telah diraih baik di tingkat nasional maupun internasional. Pengembangan organisasi esport Indonesia mencapai 9.280 orang di tingkat pusat hingga kabupaten. Kita juga telah memasukkan esport ke dalam UU No. 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan sebagai pengakuan bahwa esport merupakan salah satu cabang olahraga berprestasi,” ujar Budi Gunawan dalam kegiatan Musyawarah Olahraga Nasional dan Rakornas PB ESI pada 06 Oktober 2024 di Grand Ballroom Intercontinental Jakarta.

Budi Gunawan juga menekankan bahwa esport Indonesia telah diakui secara global sebagai satu-satunya induk organisasi esport resmi di federasi esport internasional.

“Catatan penting lainnya adalah adanya pengakuan internasional terhadap PB ESI sebagai satu-satunya induk organisasi esport resmi yang mewakili Indonesia di federasi esport internasional. Ini adalah hasil kerja keras diplomasi esport Indonesia yang semakin diakui sebagai kekuatan global,” jelasnya.

Kemudian, Budi Gunawan mengatakan bahwa dalam rangka mendukung atlet timnas esport Indonesia, PB ESI juga telah melakan pembinaan terhadap para atlet dan jajaran pengurus agar memiliki kesempatan yang setara untuk berprestasi dan bersaing.

“Kita telah membuat pelatihan untuk pelatih dan wasit skala nasional yang terakreditasi. Saat ini kita telah memiliki 73 wasit dan 123 pelatih esport hang terakreditasi hingga level internasional. Hal ini merupakan bentuk dukungan dan apresiasi bagi para atlet dan jajaran pengurus yang berprestasi di kejuaraan-kejuaraan resmi baik nasional maupun antar negara seperti SEA Games Honai-Vietnam 2021, IESF 2022, dan SEA Games Kamboja 2023,” imbuh Budi Gunawan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketum 3 KONI, Mayjen TNI Purn. Andri Sutarno menyampaikan apresiasi dan penghormatan kepada Ketum PB ESI, Budi Gunawan yang telah berhasil memajukan industri game Indonesia ke kancah global.

“Ini merupakan prestasi PB ESI di bawah kepemimpinan Jenderal Budi Gunawan dalam sejarah PB ESI. Saya menyampaikan apresiasi dan pengharhaan yang setinggi tingginya untuk Bapak Budi Gunawan dan jajaran khusus PB ESI yang telah begitu besar memajukan sejarah esport di Tanah Air,” kata Mayjen TNI Purn. Andri Sutarno.

Mayjen TNI Purn. Andri Sutarno berharap dengan adanya Rakornas serta terpilihnya kembali Budi Gunawan sebagai Ketum PB ESI dapat membawa nama esport Indonesia pada puncak kejayaan dunia dan menjadikan esport sebagai kebanggaan nasional.

“Adanya rakornas ini, saya berharap muncul evaluasi agar Indonesia lebih berprestasi di samping meningkatkan industri esport Tanah Air. Munas yang diselenggarakan ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi esport Indonesia,” terangnya.

“Kami juga berharap prestasi ini dapat lebih berkibar di masa kekuasaan PB ESI selanjutnya, yaitu di bawah kepemimpinan Budi Gunawan,” tambahnya.

“Dengan terpilihnya kembali Budi Gunawan sebagai Ketum PB ESI periode 2024-2029 juga diharapkan dapat membawa esport Indonesia semakin berjaya hingga ke tingkat internasional,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Stories