Indonesia Berkomitmen Dorong Inovasi dalam Pengelolaan Air di WWF Ke-10

-

Indonesia Berkomitmen Dorong Inovasi dalam Pengelolaan Air di WWF Ke-10

BALI — Indonesia selaku tuan rumah dalam World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali berkomitmen kuat menjadi garda terdepan untuk terus mendorong adanya inovasi dalam pengelolaan air.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menerangkan bahwa dalam KTT WWF ke-10 tahun 2024 ini, terdapat beberapa capaian luar biasa yang sanggup Indonesia dorong.

Salah satunya yakni adanya Deklarasi Menteri yang disahkan pada akhir Pertemuan Tingkat Menteri WWF ke-10 yang dihadiri oleh sebanyak 106 negara dan 27 organisasi dunia.

Dalam deklarasi tersebut, Indonesia mendorong pendirian center of excellence untuk ketahanan air dan iklim guna mengembangkan kapasitas, knowledge sharing dan pemanfaatan fasilitas unggul.

Basuki menegaskan bahwa sebagai salah satu negara kepulauan, tentunya bangsa ini wajib menjadi garda terdepan untuk terus mendorong adanya inovasi dalam pengelolaan air dan sanitasi.

“Sebagai negara kepulauan, Indonesia wajib berada di garda terdepan untuk mendorong inovasi dalam pengelolaan air dan sanitasi,” katanya.

Lebih lanjut, dengan keberadaan center of excellence yang Indonesia dorong, sebenarnya bukan hanya demi kebaikan negara ini saja melainkan untuk seluruh negara lainnya.

“Center of excellence ini bukan hanya untuk negara Indonesia, tapi juga untuk negara lainnya di Asia Pasifik,” ujar Menteri PUPR tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, dengan terdorongnya upaya Indonesia tersebut dalam ajang WWF, bahkan menjadikan Presiden World Water Council (WWC), Loic Fauchon memberikan apresiasi sangat tinggi.

Dia menilai bahwa seluruh hal yang Indonesia upayakan tersebut sebagai bentuk kemenangan diplomasi.

Bukan hanya adanya Deklarasi Menteri saja, namun Basuki Hadimuljono juga menambahkan bahwa bangsa ini selaku tuan rumah WWF ke-10 mendorong isu pengelolaan sumber daya air secara terpadu pada pulau-pulau kecil.

Selanjutnya, Indonesia juga mengusulkan adanya Hari Danau Sedunia yang menjadi sumber pasokan air demi penghidupan manusia sekaligus memiliki fungsi sosial serta ekonomi di masyarakat.

Peringatan Hari Danau Sedunia yang Indonesia usulkan bukan hanya secara simbolis saja, melainkan sebagai salah satu kunci dalam menjaga kelestarian danau di seluruh dunia.

“Kita harus menjaga danau untuk memperpanjang hidupnya, inilah gunanya peringatan Hari Danau Sedunia,” ujar Basuki.

****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Stories